SAKIT HATI



Tulisan tentang sakit hati pernah saya tulis di akun pribadi facebook saya  pada sekitar tahun 2011, Kenapa saya ingin mengulasnya lagi...? Saat ini seperti kita ketahui sedang berkembang wabah pandemi virus corona yang sangat berbahaya, karena penularannya sangat cepat dan masif.  


Sakit hati bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dimana saja.....
lalu apa hubungannya sakit hati dengan virus corona...? Baiklah sempatkan sedikit waktu anda untuk menyelesaikan membaca tulisan saya ini, siapa tahu bermanfaat.
Sakit hati terjadi karena banyak faktor penyebabnya, bisa karena ketersinggungan oleh ucapan atau kalimat orang lain terhadap kita, bisa juga karena perbuatan orang lain yang melukai perasaan kita seperti penghinaan, penipuan, atau lebih parahnya lagi karena didzolimi, di bully, dikhianati dan lain-lain. 

Reaksi seseorang terhadap rasa sakit hati ini berbeda-beda, ada yang bersabar,  ada  juga  yang  menyimpannya rapat-rapat dan menjadi dendam, ada yang menjadi kebencian menahun dan tidak sedikit yang melampiaskan dengan tindakan yang merusak, mengancam, menyerang balik atau bahkan  memukul, melukai, membunuh. 

Ciri seseorang merasa sakit hatipun bermacam-macam, seperti seseorang bisa merasa sedih yang berkepanjangan, menarik diri dari pergaulan, memutus tali silaturahmi, bersikap apatis, bahkan sampai depresi. Nah kalau sudah begini maka seseorang yang merasa sakit hati itu akan rugi sendiri bukan ? 

lalu bagaimana reaksi tubuh kita terhadap rasa sakit hati ?
Menurut penelitian, dampak sakit hati akut dalam diri seseorang sangat serius, mengapa ? karena sakit hati bila dipendam terus menerus akan menghasilkan emosi yang negatif, lama-kelamaan tubuh akan memproduksi toxin atau racun. Nah kalau sudah begini maka tubuh kita akan rentan dengan berbagai penyakit karena racun tadi akan merusak imun ditubuh seseorang. Bahaya bukan....? apalagi ditengah merebaknya pandemi virus corona ini, kita harus menjaga imun tubuh kita agar tetap baik. 

Baiklah, memang semua orang termasuk saya pastilah pernah merasakan sakit hati, maka itu yuuk kita mengelola perasaan kita agar tidak merugikan diri kita sendiri. Kita bisa kog mengelola sakit hati ... karena kita berhak memilih respon apa yang akan kita berikan jika kita mengalami hal yang tidak membahagiakan kita karena ulah orang lain atau bisa jadi juga karena memang buah dari pikiran negatif kita  terhadap tindakan disekitar kita.
  
Beberapa tips kecil dan sederhana ini mungkin bermanfaat supaya kita tidak gampang "SAKIT HATI"

  1. Ketika diri kita mengharuskan orang lain menghargai atas apa yang sudah kita lakukan dan kita tidak mendapatkannya, maka muncullah perasaan sakit hati....so jangan pernah menuntut orang lain untuk menghargai kita.
  2. Ketika kita menuntut orang lain untuk mengerti diri kita dan ternyata yang didapatkan adalah    orang tersebut tidak pernah mau mengerti, maka muncullah perasaan sakit hati...so jangan  pernah kita menuntut orang lain mengerti diri kita, tetapi cobalah kita dulu yang mengerti orang tersebut.. insahallah orang tersebut akan mengerti diri kita juga nantinya.
  3. Lupakan segera jika kita memberi atau menolong orang lain, karena kalau kita terus     mengingat  sementara orang yang kita beri atau kita tolong sudah lupa, ini akan rawan     menimbulkan sakit hati.
  4. Jangan su'udhzon atau berprasangka negatif
  5. Ketika kita mengalami perasaan sakit hati, segera yakinkan  diri kita bahwa : "Tidak    ada seorangpun yang boleh menyakiti hati kita, kecuali kita mengijinkan atau setuju   untuk disakiti......" ini  artinya kita berhak menentukan reaksi atas tindakan menyakitkan   orang terhadap diri kita. Belajarlah untuk memaafkan orang yang menyakitimu tersebut.
  6. Selalu positif thinking dan  positive feeling adalah pilihan tepat agar kita tidak mudah sakit hati.
  7. Jika semua cara sudah dilakukan tapi tidak mempan mengusir perasaan sakit hati, masih     ada penolong kita yaitu Allah Yang Maha membolakbalikkan perasaan, berdoalah agar     kita dapat membebaskan diri dari belenggu sakit hati.

Demikian ulasan singkat saya ... semoga semua yang membaca tulisan ini selalu dikaruniai hati yang bersih dan menjadi pribadi yang bahagia dimanapun, kapanpun, dalam situasi apapun.










Komentar

  1. Balasan
    1. Ya bu, memang tidak semudah teorinya tapi pasti bisa

      Hapus
  2. I really really agree, ..
    Sakit hati adalah manusiawi as a human bening ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mr Budi, tinggal bagaimana kita mengelolanya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer