Semesta Bertasbih


Dunia dalam kegalauan yang amat sangat, dengan hadirnya sosok makhluk super kecil ciptaan Allah yang tidak terlihat oleh mata bahkan oleh mikroskop cahaya sekalipun. Makhluk tersebut tak lain adalah virus corona jenis  Covid 19, yang hanya terlihat jika diamati  dengan menggunakan mikroskop electron seperti yang dilansir suara.com tanggal 25 Maret 2020, tentang penampakan virus corona.

Sosok super kecil ini telah menjadi viral di seluruh dunia, karena meskipun berukuran sangat kecil namun mampu menimbulkan kerusakan nyata dalam kehidupan manusia. Berawal dari kota  Wuhan negara China yang terpapar virus covid 19,  kini telah menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat, termasuk negara tercinta Indonesia. Makhluk ini sudah menjangkiti 2,3 juta  manusia dan total jiwa yang terenggut oleh virus ini mencapai  160.434 jiwa di seluruh dunia (sumber kompas.com tanggal 19 April 2020 tentang Up date covid-19 di dunia)

Kini hampir semua negara yang terkena pandemic virus ini melakukan hal yang sama yaitu melakukan kebijakan  lock down lokasi yang sudah berstatus zona merah pandemic.  Pusat keramaian seperti mall, sekolah bahkan tempat ibadah tutup. Sungguh luar biasa kerja virus ini hingga mampu memporak porandakan kehidupan manusia.  

Namun jika kita pelajari dan renungkan lebih seksama,  yakinlah dibalik  musibah selalu terkandung hikmah. Tanda-tanda kebesaran Allah tentang hal itu telah kita rasakan yaitu bagaimana  Allah menciptakan semesta ini berpasang-pasangan seperti ada pagi dan malam,  langit dan bumi,  laki-laki dan perempuan,  kutub utara dan  kutub selatan,  suka dan duka,  baik dan buruk,  sakit dan sehat, dunia dan akhirat,  musibah dan hikmah, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Alquran surat adz-Zaariyat ayat 49,  “ Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah”. Masih banyak lagi surat didalam Al-Quran yang membahas tentang ciptaan Allah yang berpasang-pasangan ini. 

Lalu bagaimana dengan virus Corona yang kehadirannya masih menghantui kita saat ini ? Marilah kita  pandang hal ini  dalam dua sisi, yaitu sisi negatif dan sisi positif dari makhluk super kecil ini. Sisi negatifnya kita semua sudah mengetahui betapa banyaknya kerugian  moriil maupun materiil yang terjadi di seluruh dunia. Namun sisi positifnya juga banyak sekali. Mari kita list satu persatu :
  • Kualitas udara semakin baik, pandanglah kearah langit, kini polusi tidak menghalangi mata kita untuk sampai pada birunya langit, otomatis kualitas  oksigen yang  kita perlukan untuk menutrisi paru-paru juga semakin baik.
  • Kita menjadi lebih peduli terhadap kebersihan diri dan lingkungan serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun.
  • Kita juga lebih peduli untuk menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang lain dengan memakai masker.
  • Kita lebih peduli terhadap Kesehatan tubuh dengan cara memperhatika asupan makanan yang sehat dan tentunya halal untuk  meningkatkan imun tubuh.
  • Kita jadi rajin berolah raga dan menikmati vitamin gratis dari Allah dengan berjemur matahari pagi.
  • Kita jadi banyak waktu berkumpul penuh kehangatan bersama keluarga tercinta di rumah, melakukan kegiatan bersama-sama, dan  melaksanakan ibadah  seperti sholat berjamaah dan mengaji bersama anggota keluarga.
  • Kita jadi lebih berempati terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan yang terkena dampak lock down, dengan bahu membahu membantu mereka.
  • Kita jadi melek teknologi, karena semua pekerjaan dikerjakan di rumah, sehingga kita harus belajar menggunakan teknologi untuk menunjang semua aktifitas kita agar tetap produktif. 
  • Kita menjadi sadar diri bahwa tidak ada lagi yang pantas disombongkan dari diri kita sebagai manusia, karena terbukti manusia yang kaya raya atau berpendidikan tinggi, serta  orang yang punya jabatan tinggi  sekalipun tidak berdaya dibuatnya.
  • dan tentunya masih banyak lagi sisi positif dari kehadiran virus corona ini bagi alam semesta. 

Akhirnya mari kita bersikap sabar menghadapi virus corona ini, dan tetap berusaha mentaati semua petunjuk untuk kesehatan diri kita dan lingkungan di sekitar kita. Biarkan sang virus menyelesaikan tugasnya, karena dia hadir semata-mata untuk  menjalankan perintah dari Allah SWT dalam menjaga keseimbangan alam semesta raya, sama halnya hadirnya kita manusia  untuk menjalankan perintah Allah menjadi khalifah untuk mewujudkan kemakmuran dimuka bumi.(Q.S Hud : 61) Sungguh betapa Allah Maha Agung  dalam melakukan pemeliharaan semesta yang diciptakan-NYA. Wallahualam bishawab.

#gerakansocialdistancing  #dirumahaja

Komentar

  1. Benar Bu Ana.. Yolla setuju banget. Memang Covid-19 ini mempengaruhi banyak aspek yang pada akhirnya akan mengeluarkan output buat diri kita sendiri sama seluruh manusia yang ada di muka bumi ini. Yang paling terasa adalah perubahan sosial, yang mana kalau kita lihat dari kondisi saat ini bisa diprediksikan bahwa habbit nya manusia akan mengalami perubahan yang signifikan dan alhamdulilah nya, perubahan itu mengarah kepada hal-hal yang positif seperti yang ibu tulis...

    Pada akhirnya, semua nya juga menyadari bahwa perubahan seperti aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan bisa sekejap berubah begitu saja hanya dengan hitungan waktu yang singkat. Semoga pada akhirnya, setiap manusia yang ada di bumi ini bisa mengambil pelajaran yang amat berharga dari peristiwa ini ya Bu. Seperti hal nya mengatur keuangan yang harus dipersiapkan kalau ada sesuatu yang tbtb terjadi dan pelajaran-pelajaran lainnya. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Yolla...semua masalah selalu ada solusinya jika kita memandang dengan cara positif, percaya bahwa Allah tidak akan menguji kita diluar kemampuan kita, inshallah virus covid 19 bisa diambil hikmah untuk kita menjadi lebih baik lagi dalam menjaga diri dan alam semesta.

      Hapus
  2. luaarrrr biasa.....amazing..amazing penulis memiliki ESQ yg tinggi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer